Minggu, 12 November 2017

Centrifuge




Fungsi Alat Centrifuge
Fungsi Atau Prinsip Kerja Alat Centrifuge adalah pada pemisahan molekular dari sel atau organel subselular. Pemisahan tersebut berdasarkan konsep bahwa partikel yang tersuspensi di sebuah wadah akan mengendap ke dasar wadah karena adanya gaya gravitasi. Sehingga laju pengendapan suatu partikel yang tersuspensi tersebut dapat diatur dengan meningkatkan atau menurunkan pengaruh gravitasional terhadap partikel. Pengaturan laju pengendapan tersebut dapat dilakukan dengan cara menempatkan wadah yang berisi suspensi partikel kemesin Centrifuge tepatnya pada bagian rotor yang kemudian akan berputar dengan kecepatan tertentu. Hal tersebut tergantung pada ukuran dan bobot jenis dari suspensi. Dengan demikian Prinsip Kerja alat tersebut adalah dengan memanfaatkan gaya centrifugal sehingga bahan tesebut dapat terpisah. Ini dilakukan dengan cara memutar campuran dengan sangat cepat dan bertumpu pada titik pusat. Dan pada akhirnya alat ini akan berhenti beroperasi ketika katup/pintu Centrifuge terbuka saat bekerja.



Cara Menggunakan Alat Centrifuge
  1. Persiapkan larutan yang akan dimurnikan atau dipisahkan
  2. Sambungkan centrifuge pada aliran arus listrik
  3. Nyalakan centrifuge
  4. Buka penutup centrifuge dengan tekan tombol open.
  5. Masukan larutan ke dalam gelas tabung centrifuge. Larutan yang dimasukkan pada setiap tabung haruslah sama ukurannya
  6. Masukkan tiap tabung ke dalam lubang centrifuge. Untuk meletakkan gelas tabung berisi larutan yang akan dimurnikan, tabung harus diletakkan secara bersilang berlawanan. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika semua lubang pada centrifuge terisi penuh oleh tabung larutan yang akan dimurnikan.
  7. Tutup kembali penutup centrifuge
  8. Set atau atur waktu yang diperlukan dan tentukan pula kecepatan rotasi putaran (Rpm) yang diinginkan
  9. Tekan tombol on untuk memulai memurnikan larutan
  10. Setelah pemurnian selesai, tekan tombol open dan ambil semua larutan dalam tabung yang telah dimurnikan dengan cara mengambilnya secara berseling berlawanan pula.


Tidak ada komentar:

Junk Food Penyebab Kanker

 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat, semakin mudah pula manusia dalam mela...